Home » » Belajar Self Hypnosis Dari Awal Sampai Akhir

Belajar Self Hypnosis Dari Awal Sampai Akhir

Self Hypnosis Relaksasi meditasi self healing
Hypnosis

Sebelumnya kita sudah membahas tentang prinsi dasar Hypnosis yang terdiri dari 3 bagian diantaranya sbb :

Relaksasi
Pemrograman Diri
Terminasi

Berlatih komunikasi dengan pikiran bawah sadar.

Latihan 1 : Mengunci Mata

Tutuplah mata sekitar 5-10 detik, kemudian buka kembali.
Sekarang tutup lagi mata anda, kemudian perintahkan pikiran bawah sadar ‘mengunci’ mata anda, sampai mata benar-benar tidak bisa dibuka lagi, sugestikan perintahkan mata anda benar benar terkunci lakukan dengan tenang.

Ikuti langkah-langkah berikut :

Tutup mata anda, fokus pada pernapasan selama 10 detik
Bayangkan bahwa anda sedang berbicara dengan diri anda yang lain, yaitu pikiran bawah sadar anda, lalu katakan dalam hati anda :

“Saya perintahkan agar mata saya terkunci sangat kuat (sambil bayangkan mata anda sangat berat untuk dibuka)…sangat rapat…sangat kuat…sangat berat…bahkan semakin saya mencoba untuk membuka mata saya….mata saya semakin rapat…sangat kuat…semakin kuat saya mencoba, maka mata mata saya justru semakin terkunci lebih kuat lagi perintahkan tidak ada kekuatan apapun untuk membuka mata anda…..”

Lalu katakan dalam hati secara berulang-ulang tanpa jeda :

“Mata saya terkunci…mata saya terkunci…mata saya terkunci….terus berulang ulang”

Kemudian sambil melakukan hal diatas coba sesekali membuka mata anda apakah susah dibuka atau masih mudah, jika memang susah dibuka berarti pikiran bawah sadar anda sudah menerima sugesti anda, dan jika mudah dibuka ulangi sugesti diatas sampai mata anda susah dibuka. 

Apabila mata anda sudah terkunci sesuai dengan sugesti anda maka untuk membukanya hanya tinggal sugestikan pada pikiran bawah sadar anda bahwa mata anda normal kembali seperti semula bisa dibuka dengan mudah.

Latihan 2 : Relaksasi Tubuh
Dalam latihan ini bertujuan untuk membuat tubuh anda rileks yang sangat dalam, tenang dan nyaman. Karena dalam kondisi ini pikiran bawah sadar anda akan sangat mudah anda masuki.

Perhatikan langkah-langkah berikut :

Tutup mata anda, fokus pada pernafasan selama 10 detik
Bayangkan anda sedang berbicara dengan diri anda yang lain kemudian sugestikan pada diri anda itu : 
“ saya perintahkan seluruh tubuh saya untuk rileks, nyaman, tenang yang sangat dalam dan tidak pernah merasakan kenyamanan seperti ini sebelumnya” rasakan dan perintahkan sugesti itu…

(Anda tambahkan dengan imajinasi seakan-akan ada energy yang masuk dengan halus dari ujung kepala sampai ke telapak kaki) lalu katakan :

“Mata saya sangat rileks….leher saya sangat rileks….tangan dan kaki saya sangat rileks…bahkan pikiran saya juga sangat rileks….”
(Anda tambahkan imajinasi seakan-akan seluruh tulang-tulang anda lepas, sehingga tubuh anda benar-benar lemas tak berdaya).
Lalu anda katakan dalam hati secara berulang-ulang tanpa jeda :

“Tubuh saya lemas….tubuh saya rileks….”

Dan sambil terus mengatakan “tubuh saya lemas…..tubuh saya rileks..” anda boleh mulai mencoba menggerakkan tubuh anda. Jika tubuh anda benar-benar diam sempurna, artinya anda sudah berhasil memberikan perintah kepada pikiran bawah sadar anda. Sebaliknya jika tubuh anda masih dapat digerakkan dengan mudah, maka apa yang anda katakana belum dapat menembus pikiran bawah sadar anda.
Jika tubuh anda sudah benar-benar lemas, maka cara menormalkannya juga menggunakan cara yang sama, yaitu dengan memberikan instruksi sebaliknya kepada pikiran bawah sadar, misalnya dengan mengatakan :

“Mata, tangan, kaki dan seluruh tubuh…kamu saya perintahkan agar kembali normal dan dapat dengan mudah saya gerakkan…..”
      
RELAKSASI
Ini adalah relaksasi yang lebih serius, bagian dari SH, tepatnya bagian awal seperti telah dikatakan diatas.
Silahkan duduk bersandar ditempat yang nyaman, misalnya disofa, lakukan secara pribadi dengan kondisi lingkungan yang tenang, matikan handphone anda, niatkan untuk menghentikan seluruh aktifitas dalam beberapa menit ke depan.

Letakkan tangan secara bebas diatas paha, biarkan kaki anda lepas bebas.
Awal :
Pejamkan mata, awasi napas, berikan perhatian saat menarik napas dan menghembuskan napas. Ucapakan dalam hati :

“Saya berniat untuk memasuki relaksasi….melepaskan segalanya….mengistirahatkan tubuh dan pikiran saya…”
“Setiap tarikan dan hembusan napas, membuat saya memasuki relaksasi yang lebih dalam…lebih lepas….”

PEMROGRAMAN DIRI
Ini merupakan inti dari SH yang dilakukan setelah kita telah berada dalam kondisi sangat rileks. Pada kondisi rileks sempurna ini, gerbang pikiran bawah sadar sudah terbuka dan siap menerima program.

Apa yang kita program ?
Yang kita program adalah seluruh kondisi emosional yang kita inginkan. Mulai dari ingin sehat, ingin bahagia, ingin berkelimpahan, ingin memiliki motivasi diri yang kuat, ingin meningkatkan rasa percaya diri ,dll.

Penyusunan Program :
Tetapkan satu macam saja tema utama. Misalnya : ingin meningkatkan rasa percaya diri berbicara didepan umum.
Susun script yang baik berkaitan dengan tema ini, dengan mematuhi kaidah dasar berikut :
Gunakan kalimat positif. Sebutkan apa yang anda inginkan bukan apa yang anda hindari.
Gunakan kalimat ‘Present Tense” Anggap saja anda sudah berada dalam kondisi itu.
Lakukan pengulangan-pengulangan pada kalimat pokok yang berkaitan dengan tema utama.
Pergunakan kalimat-kalimat yang dapat menggugah emosi positif, mengingat bahwa pikiran bawah sadar sangat peka secara emosional.
Saat anda membacakan program tersebut, tambahkan imajinasi, buatlah imajinasi ini sedemikian detail, seakan-akan anda sungguh berada dalam kondisi dimaksud, sampai anda dapat merasakan emosi positif (bahagia, damai, dsb).

Contoh script :
Saya memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi….saya selalu tampil dengan sempurna di depan umum…. Saya adalah pribadi yang sangat istimewa .saya memiliki kemampuan untuk prensentasi dan berbicara di depan umum dengan sangat sempurna….saya sangat bangga dan bahagia karena memiliki kemampuan yang sangat luar biasa ini….saya adalah pribadi yang sempurna…saya adalah pribadi yang penuh percaya diri….saya sangat suka tampil di depan umum….berbicara didepan orang banyak…saya adalah pembicara yang hebat…presenter yang terampil…..saya penuh rasa percaya diri…saya pribadi yang istimewa…”
( bisa juga anda ganti skrip diatas sesuai dengan keinginan anda, yang pasti harus kata – kata posistip dan kata – kata yang meyakinkan)

TERMINASI
Caranya sangat sederhana, hanya dengan mengucapkan script dibawah ini :

“Saya akan menghitung dari 1 sampai dengan 10, dan pada hitungan ke-10….saya akan bangun dan membuka mata saya , dalam setiap hitungan akan membuat saya segar kembali.
(Mulai lakukan hitungan mundur secara perlahan-lahan).

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga Artikel Populer Kami

Kumpulan Materi Rahasia Hypnosis Untuk Kalian Yang Ingin Mendalami Dunia Hypnosis

Hypnosis Selamat malam semuanya , tepat pukul 23 : 45 saya menulis artikel ini. untuk memenuhi janji saya yang akan membagikan mater...

Translate